Perbedaan Antara PT dan CV yang Wajib Diketahui

Di artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang syarat dan prosedur untuk pendirian PT dan CV. Namun, apakah Anda sudah tahu tentang perbedaan dari keduanya? Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan antara PT dan CV, ini wajib Anda ketahui karena ini bisa dijadikan sebagai landasan apakah Anda harus mendirikan PT atau sebaiknya CV.

Persekutuan Komanditer (CV) merupakan badan usaha yang dapat dijadikan salah satu wadah bagi pengusaha untuk melakukan kegiatan usahanya. Di dalam CV terdapat dua jenis sekutu, yaitu sekutu pasif dan sekutu aktif. Sekutu pasif adalah sekutu yang hanya memasukkan modal dan sekutu aktif yang melakukan pengurusan selain memasukkan modal pula. Sedangkan, Perseroan Terbatas merupakan badan usaha yang dibentuk oleh dua orang atau lebih, yang memiliki status badan hukum sedangkan CV tidak berbadan hukum.

Syarat dan Prosedur Pendirian CV dan PT

Syarat Pendirian Comanditaire Venootschap atau CV

  • Didirikan oleh minimal dua orang Comanditaire Venootschap
  • Adanya Perjanjian Pendirian CV (dalam hal ini dapat dibuat di bawah tangan atau dibuat dengan Akta Notaris).
  • Didaftarkan ke Sistem Administrasi Badan Usaha Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

 

Syarat Pendirian Perseroan Terbatas atau PT

  • Didirikan minimal dua orang, masing-masing mengambil bagian saham.
  • Pendirian berbentuk akta notaris.
  • Harus mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, sehingga berstatus badan hukum.

Untuk menyatakan telah berdirinya suatu CV, pada dasarnya cukup dengan Perjanjian Pendirian CV (baik dibuat di bawah tangan ataupun dengan Akta Notaris), namun untuk memperkuat posisi CV tersebut sebaiknya didaftarkan pada Pengadilan Negeri setempat dengan membawa Surat Keterangan Domisili (SKDP) dan NPWP atas nama CV tersebut.

Sistem Modal

Sistem Modal Comanditaire Venootschap atau CV

Setiap sekutu wajib memasukkan pemasukan atau kedalam perusahaan. Tidak ada nilai minimum pemasukan, tetapi akan berpengaruh kepada pembagian keuntungan.

Sistem Modal Perseroan Terbatas atau PT

Besaran modal dasar PT ditentukan sesuai kesepakatan pendiri PT dan 25% dari modal tersebut harus ditempatkan dan disetor penuh.

Pengurusan Badan Usaha

Comanditaire Venootschap atau CV

Kepengurusan badan usaha dilakukan oleh sekutu aktif yang diberikan kewenangan untuk mengurus. Sedangkan, sekutu pasif tidak dapat melakukan pengurusan meskipun ia dikuasakan untuk melakukan pengurusan.

Perseroan Terbatas atau PT

Dilakukan oleh Direksi dan bawahannya berdasarkan RUPS. Pemilik/pemegang saham yang tidak berwenang tidak boleh melakukan pengurusan.

Nah sekarang Anda sudah tahu apa saja perbedaan PT dan CV. Semoga bermanfaat!