4 Tips agar Bisa Beli Rumah saat Usia Muda, Milenial Harus Tahu!

Memiliki rumah di usia muda merupakan resolusi atau target finansial yang ingin dicapai banyak orang. Selain termasuk dalam kategori kebutuhan primer, rumah juga bisa dijadikan sebagai aset investasi. Sayangnya, harga tanah dan rumah sangat mahal dan selalu naik setiap tahunnya.

Harga tanah dan rumah yang makin tinggi yang bahkan melebihi kenaikan pendapatan sebagian karyawan yang baru saja meniti karier. Namun, jangan khawatir. Semua orang sebenarnya bisa memiliki rumah di usia muda.

Berikut 4 tips jitu yang bisa kamu terapkan agar bisa membali rumah saat usia muda.

1. Menabung

Cobalah untuk menabung setidaknya 20-40 persen dari total penghasilan bulanan kamu untuk simpanan membeli rumah. Jika tabungan kamu sudah mencukupi untuk harga ruma, kamu bisa membeli tunai.

Jika uang tabungan masih sedikit, kamu dapat memilih metode cicilan atau kredit kepemilikan rumah (KPR). Pasang target menabung setidaknya untuk membayar uang muka DP sebesar 20 persen – 30 persen dari harga rumah serta biaya di luar KPR.

2. Investasi

Mulai saat ini, selain menabung, cobalah untuk berinvestasi agar uang yang kamu simpan bisa bertambah. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan mulai belajar saham dan cara investasi lainnya.

3. Menjadi Freelancer

Apakah total gaji kamu hanya cukup untuk biaya hidup? Jika jawabannya iya, kamu sebaiknya mencari pekerjaan sampingan untuk mendapat penghasilan tambahan.

Salah satu cara paling mudah mencari side hustle adalah dengan menjadi pekerja lepas (freelancer). Selain mendapat uang tambahan, kamu juga dapat menekuni profesi sampingan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama kamu.

4. Pilih KPR

Cara terakhir agar kamu bisa segera memiliki rumah di usia muda, yakni jeli dalam memilih KPR. Pastikan kamu menjatuhkan pilihan dengan angsuran yang ringan dan KPR dengan tenor yang sesuai dengan penghasilanmu.

Perlu diingat, pastikan nilai utang tidak lebih dari 30 persen Selain itu, pastikan juga kalau KPR tersebut juga menerapkan bunga paling rendah agar tidak terlalu pengeluaran bulanan.

Nah itulah beberapa tips untuk kamu agar bisa segera memiliki rumah diusia muda. Semoga bermanfaat!