4 Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis Anda

Dalam menjalankan bisnis, banyak sekali hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah membuat laporan keuangan. Bisnis yang besar maupun bisnis kecil pasti mempunyai laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan ini, para pemilik bisnis dapat memantau perkembangan bisnis mereka. Jika Anda tidak mempunyai laporan keuangan, tentu Anda akan sulit untuk melihat perkembangan bisnis Anda. Apakah dibulan ini bisnis Anda mendapatkan keuntungan atau justru mengalami kerugian, semua itu bisa dilihat dilaporan keuangan.

Penjelasan Tentang Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah sebuah catatan atau laporan yang berisi tentang kondisi keuangan dari sebuah bisnis maupun perusahaan yang dibuat dalam kurun waktu tertentu. Laporan ini harus dibuat dengan benar agar dapat menghasilkan laporan yang akurat. Laporan ini dapat dibuat berdasarkan data-data yang benar dan faktual dari sebuah perusahaan atau bisnis tersebut.

Jenis Laporan Keuangan

  • Laporan Laba rugi, yang mencantumkan transaksi individu dan total uang yang Anda peroleh (pendapatan) dan uang yang Anda keluarkan (pengeluaran).
  • Laporan Perubahan Modal, yang menyajikan ikhtisar perubahan yang terjadi dalam ekuitas pemilik pada suatu entitas untuk suatu periode tertentu.
  • Laporan Neraca, yang menampilkan informasi bagaimana posisi keuangan dari perusahaan / entitas pada suatu periode, biasanya dalam satu tahun.
  • Laporan Arus kas, yang menggambarkan perputaran kas perusahaan, mengenai jumlah kas masuk (penerimaan kas) dan jumlah kas keluar (pengeluaran kas) dalam suatu periode tertentu.

Setelah mengetahui jenis-jenis laporan keuangan, mari kita bahas 4 manfaat laporan keuangan bagi bisnis Anda.

Manfaat Menggunakan Laporan Keuangan untuk Bisnis

1. Mengetahui laba dan rugi

Tujuan yang pertama dan paling utama dari pembuatan sebuah laporan finance adalah untuk mengetahui besarnya laba dan rugi yang dihasilkan dari sebuah bisnis. Anda bisa mengetahui banyaknya laba yang sudah didapatkan dari bisnis yang sudah Anda rintis selama ini. Selain itu, Anda juga dapat menghitung banyaknya kerugian selama menjalankan sebuah bisnis.

2. Mengetahui banyaknya kas masuk atau cash in dan keluar atau cash out

Selain untuk mengetahui besarnya laba dan kerugian yang dialami, laporan keuangan juga dapat memberikan informasi tentang kas yang masuk dan keluar. Disini Anda dapat mengetahui berbagai macam transaksi dari bisnis itu, misalnya, pendapatan kotor, pendapatan bersih, biaya administrasi, biaya listrik, biaya telepon, biaya perawatan kantor, dan juga biaya yang lainnya.

3. Mengetahui arus kas atau cash flow

Disadari atau tidak, dari laporan finance, Anda juga dapat mengetahui kesesuaian antara kas masuk atau cash in dan kas keluar atau cash out. Di bagian arus kas ini, Anda juga dapat mengetahui seberapa besar dana yang masih tersisa. Anda dapat menyimpulkan apakah dana itu cukup atau malah kurang untuk membiayai perkembangan bisnis tersebut ke depannya.

4. Mengetahui perkembangan bisnis

Adanya laporan keuangan dapat membantu Anda dalam memantau perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Dengan begitu, Anda dapat menyimpulkan dan mengambil tindakan yang tepat dan perlu dilakukan untuk bisnis Anda di waktu yang akan datang. Misalnya, jika semakin hari Anda semakin merugi, Anda dapat menyimpulkan bahwa bisnis Anda tidak berkembang

Itulah kira-kira penjelasan tentang Apa itu laporan keuangan dan manfaatnya bagi bisnis Anda. Semoga bermanfaat!